Arimbawa : Sosialisasi Empat Pilar Juga Butuh Ikon dari Generasi Muda

Perkembangan youtube yang semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir menarik perhatian anggota DPD/MPR RI I Kadek Arimbawa. Senator yang juga seniman Bali itu berharap youtube bisa dijadikan media untuk mensosialiasikan empat pilar kebangsaan yang selama ini masih lewat media konvensional seperti seminar dan lokakarya.

Hal tersebut disampaikan Arimbawa dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Bangli pada hari Minggu (24/3). Acara sosialisasi tersebut merupakan program MPR untuk menyampaikan materi tentang Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Arimbawa menyebut bahwa saat ini harus ada ikon generasi muda yang berani dan lantang berbicara soal empat pilar, “kalau pejabat yang bicara, tidak jarang diabaikan, apalagi dibilang bikin ngantuk”, ungkapnya sambil tertawa

Ia juga menyinggung soal tren youtube banyak digemari tapi justru minim konten bermanfaat. Pria yang akrab disapa Lolak itu mencontohkan akun-akun youtube yang sebenarnya potensial karena followernya banyak, tapi kontennya tidak memberi dampak positif bagi perkembangan generasi muda. “Bagaimana mau bermanfaat kalau isinya hanya prank, mengerjai orang dan tidak mendidik. Jangan bawa itu atas nama hiburan dan kreativitas” tegasnya

Arimbawa justru berharap MPR bisa mengajak para youtuber dengan popularitas tinggi bisa berkontroibusi lebih bagi bangsa. Sekarang nasionalisme mereka diuji, mau tidak menyebarkan nilai tentang kebangsaan, mau tidak memberi pemahaman generasi muda terkait tentang empat pilar. Kita membutuhkan ikon dari kalangan generasi muda.

Seandainya hal tersebut terjadi, Arimbawa menyebut ini akan menjadi sebuah gebrakan bagi generasi muda dam langkah positif untuk perkembangan media sosial di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s