Simakrama DPD RI, Arimbawa Hadiri Ngaben Masal di Kabupaten Bangli.

Periode Juli – Agustus ini benar-benar dimanfaatkan betul oleh senator RI perwakilan Bali, I Kadek Arimbawa. Hal tersebut diwujudkan dengan menghadiri undangan sekaligus melakukan simakrama dan penyerapan aspirasi masyarakat.

Di Kabupaten Bangli, Arimbawa menghadiri beberapa undangan pitra yadnya seperti di Desa Penglumbaran, Desa Abuan, Desa Serokadan serta Tegal Suci – Kubu, Bangli. Secara umum, Arimbawa menekankan bahwa Ngaben masal sebagai wujud kesatuan komitmen masyarakat Bali untuk menjaga eksistensi desa pekraman disamping efisiensi dari sisi pembiayaan.

“Tanpa mengesampingkan keberadaan tempat kremasi di Bali, saya akan sangat mengapresiasi masyarakat desa pekraman yang tetap konsisten menyelenggarakan upacara ngaben masal. Disanalah kita bisa melihat ibu-ibu ngayah, bapak2 megarapan itulah adat dan budaya kita”, tegas calon DPR RI dari Partai Hanura itu.

Pria kelahiran Klungkung itu pun mengakui pemerintah melalui anggota dewan baik itu pusat maupun daerah memiliki kewajiban untuk mendukung pelaksanaan upacara pitra yadnya. Subsidi dari anggaran pemerintah akan sangat membantu untuk meringankan beban desa pekraman, mengingat itu memang merupakan hak dari masyarakat.

Meski demikian, Arimbawa berharap masyarakat bisa mengelola keuangan dan merancang persiapan ngaben dengan efektif. Dana dari pemerintah harus dikelola sebagai modal awal yang dapat dipergunakan dalam jangka panjang.

Sebagai wujud dukungan dalam pelaksanaan karya pitra yadnya di Bangli, Arimbawa menyerahkan dana punia serta menghaturkan ilen-ilen baik yang bersifat hiburan maupun tari wali sebagai pelengkap dari pelaksanaan upacara lewat Yayasan Kesenian Bali yang didirikannya sejak tahun 2009 lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s