Lolak Mengaku Kehilangan Atas Berpulangnya Ajik Gangsar

Bali kembali kehilamgan salah satu seniman drama gong legendaris, menyusul meninggalnya I Gusti Mungkreg alias Gangsar, 74, Rabu (11/7) siang pukul 11.30 Wita. Pelawak drama gong yang biasa berpasangan dengan tokoh Gingsir ini menghembuskan napas terakhir dalam perawatan di RSUD Mangusada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung.

Pendiri YKB, I Kadek Arimbawa atau akrab disapa Lolak mengungkapkan sangat berduka dengan meninggalnya I Gusti Putu Mungkreg (Ajik Gangsar). Ia mengaku sangat menghormati Ajik Gangsar sebagai salah satu legenda Drama Gong di Bali. Pernah beberapa kali tampil sepanggung pada era 2000an, Lolak kembali mengingat bagaimana sosok karakter Gangsar sebagai parekan lucu dan kenyat yang kerap berpasangan dengan Komang Apel atau I Gingsir.

Gangsar sendiri merupakan salah satu pelawak drama gong legendaris. Pasanmgan mainnya selama ini adalah Gingsir. Almarhum Gangsar juga kerap berpartner dengan Ida Bagus Pudjana alias Komang Apel di panggung. Gangsar lama bernauh di bawah Sekaa Drama Gong Bhara Budaya bersama Wayan Lodra, Gede Yudana alias Raja Buduh, dan Ketut Tarma alias Dolar. Dia juga kerap main di bawah Drama Gong Bintang Bali Timur, Dabdab, Kiul, Wayan Lodra, Gede Yudana, Luh Sukerti, dan Mongkeg.

Di masa jayanya, duet Gangsar dan Gingsir sangat akrab di kalagan pencinta drama gong. Gangsar-Gingsir tak akah memukau dengan duet Petruk-Dolar, dan Dabdab-Kiul. Beberapa seniman drama gong legendaris itu sudah lebih dulu berpulang, seperti Dolar dan Raja Buduh.

Lolak mengharapkan Drama Gong jangan sampai punah. Ia meyakini Drama Gong seharusnya bisa bangkit dan berkembang lagi dengan sentuhan-sentuhan kreatif yg sesuai kebutuhan akan kemajuan kesenian di Bali. Sehingga kedepan, Drama Gong tidak ditampilkan dalam tema dan lakon yg terkesan monoton namun bisa menjadi tontonan yang menghibur dan mendidik tanpa meninggalkan pakem drama gong itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s