Dengar Pendapat di Bangli, Arimbawa Tekankan Pendidikan Karakter dan SDM

Pendidikan berkarakter merupakan hal penting sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) serta menguatkan moralitas bangsa yang sudah mengalami kemundurun, terutama dalam menghadapi era globalisasi seperti saat ini. Untuk itu pendidikan berkarakter harus ditanamkam terhadap generasi bangsa sejak usia dini.

Hal tersebut diungkapkan I Kadek Arimbawa dalam kegiatan rapat dengar pendapat dengan komponen masyarakat di Tembuku, Bangli pada Kamis (26/4) lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menggali aspirasi masyarakat terkait arah pembangunan nasional yang diselenggarakan oleh Majelis permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI)

Dengar pendapat yang difokuskan pada subtema Arah dan Tahapan Pembangunan bidang Sumber Daya Manusia dan IPTEK tersebut dihadiri sekitar 150 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang dan didominasi oleh kalangan generasi muda.

Selain soal pendidikan karakter, Anggota DPD RI dua periode itu juga menekankan pentingnya pelestarian seni dan budaya Bali. “Seni, Adat dan Budaya adalah benteng untuk menjaga karakter dan moralitas generasi muda dari derasnya arus globalisasi” ungkapnya

Menurut pria asal Klungkung itu, SDM yang berkarakter dan berlandaskan budaya akan lebih mudah untuk diterima di dunia kerja karena sudah saatnya pengusaha memberdayakan SDM lokal dan lebih selektif terhadap penggunaan tenaga kerja asing. “Anak muda Bali yang lebih paham dengan kondisi dan situasi dan di Bali, tinggal bagaimana mereka meningkatkan kualitas untuk bersaing dengan tenaga kerja asing yang ada” ungkap pria yang akrab disapa Lolak itu.

Sementara itu, peserta dengar pendapat mendukung apa yang disampaikan oleh sang senator. Generasi muda khususnya Bali menyadari bahwa tantangan terbesar bagi para lulusan saat ini tidak hanya bersaing dengan sesama pemuda Bali, tetapi tenaga kerja asing yang semakin menjamur, khususnya di bidang pariwisata.

Untuk itu, para peserta yang didominasi generasi muda itu, mengharapkan agar pemerintah bisa mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi agar lulusan sarjana dan generasi muda di Bali saat ini khususnya yang masih berstatus penggangguran dapat terserap dengan optimal di dunia kerja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s