Serap Aspirasi Pembangunan Nasional, Arimbawa Gelar RDP di Gianyar

Dalam rangka menggali aspirasi masyarakat terkait arah pembangunan nasional, Majelis permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) mengadakan rapat dengar pendapat dengan komponen masyarakat di Bitera, Gianyar pada Selasa (11/2) lalu. Dengar pendapat yang difokuskan pada subtema Arah dan Tahapan Pembangunan bidang Sumber Daya Manusia dan IPTEK tersebut dihadiri sekitar 150 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang. Menurut penuturan I Kadek Arimbawa , anggota MPR yang hadir dalam kesempatan tersebut, RDP ini merupakan kegiatan rutin MPR yang ditujukan untuk menggali masukan dari masyarakat.

“Sebelumnya, kami lebih banyak mengangkat tema-tema seperti pancasila, pemilihan serentak, dan beberapa tema lain yang menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun kali ini kami hadir dengan tema berbeda dimana kami ingin mengajak masyarakat bersama-sama memikirkan tentang arah dan tahapan pembangunan nasional”, ungkapnya

Menurut pria asal Klungkung itu, pembangunan menjadi hal yang harus terus digaungkan dan dilakukan di masyarakat. Terlebih, dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo, terdapat beberapa fokus pembangunan yang dilaksanakan yaitu infrastruktur, sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat golongan miskin.Sebagaimana diketahui,hingga tahun ketiga pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK), sektor infrastruktur masih menjadi fokus dalam pembangunan. Sektor ini dianggap sangat vital untuk segera diselesaikan dalam menghubungkan seluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Meski belum seluruhnya rampung diselesaikan, pemerintah tahun depan akan mulai mengalihkan fokus pembangunan dari sektor tersebut. Presiden Jokowi memastikan akan mulai mengurangi anggaran pembangunan dan mengalihkannya untuk membangun sektor sumber daya manusia (SDM)” jelas Arimbawa

Sementara itu, secara umum peserta dengar pendapat menyambut baik kegiatan ini. Keterlibatan masyarakat dalam menentukan arah dan tujuan pembangunan nasional dinilai penting untuk mewujudkan pembangunan yang dibarengi dengan pemberdayaan masyarakat. Menurut pandangan salah satu peserta dengar pendapat, selama ini permasalahan krusial yangdihadapi oleh Indonesia adalah lemahnya pemerataan pembangunan infrastruktur dan teknologi informasi. Selain itu terjadi kesenjangan kemampuan dalam proses inovasi dan pemanfaatan teknologi, sehingga pemerintah bersama legislatif diharapkan benar-benar berkomitmen mewujudkan kebijakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s