Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Arimbawa Tekankan Pelestarian Seni dan Budaya Bali

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, I Kadek Arimbawa, menyelenggarakan acara Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhineka Tunggal Ika dan Putusan MPR, di Desa kelahirannya yakni Desa Kamasan, Klungkung tanggal 10 Juni 2017.

Dalam kesempatan itu, Arimbawa menyatakan bahwa Kebhinekaan adalah sebuah bentuk kekayaan dan anugerah yang harus dipertahankan, dipelihara, dan dikembangkan.

“Sebagai masyarakat yang berada di tengah mayoritas kita harus mampu melestarikan seni dan budaya Bali karena itulah identitas dan jati diri masyarakat Bali” ungkapnya

Ia juga menekankan keragaman budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai wilayah yang memiliki kebudayaannya tersendiri.

Kadek Arimbawa yang menjabat sebagai Anggota Komite II DPD RI itu menjelaskan, apabila ada beberapa kebudayaan yang hilang maka justru akan melemahkan makna dari kebhinekaan itu sendiri.

Pria yang akrab disapa Lolak itu mencontohkan Bali yang sudah terkenal dengan budaya hingga ke dunia internasional. Seharusnya Indonesia seharusnya berbangga memiliki Bali dengan berbagai keunikan seni dan budaya yang dimiliki.

“Perbedaan tradisi, bahasa, dan adat istiadat antara satu suku dengan suku lainnya, adalah kekayaan bangsa yang harus dilestarikan. Jangan sampai ada satu dua pihak yang memaksakan kehendak dan mengaburkan nilai-nilai kebhinekaan” pungkasnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s