Arimbawa Dengar Pendapat Warga Tentang Pemilu Serentak

Anggota MPR RI, I Kadek Arimbawa melaksanakan kegiatan dengar pendapat dengan warga perihal pelaksanaan Pemilu serentak pada Kamis (13/4) lalu. Kegiatan yang dilaksanakan di Denpasar itu bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Provinsi Bali daan diikuti oleh sekitar 150 orang warga dan simpatisan partai.

Anggota DPD RI Perwakilan provinsi Bali itu menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tidak semata-mata hanya dengar pendapat melainkan juga dilaksanakan dengan visi untuk mengajak masyarakat lebih melek terhadap sistem pemilu dan proses demokrasi pada umumnya.

Dalam pemaparannya, pria yang akrab disapa Lolak itu menyampaikan beberapa gagasan untuk mewujudkan suatu pemilu serentak yang efektif, demokratis, dan berintegritas, baik dari aspek penyelenggara maupun penyelenggaraan pemilu.

Sementara dari para peserta dengar pendapat mengharapkan agar KPU dan pemerintah bisa belajar dari penyelenggaraan pilkada serentak yang telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir.

“Ada beberapa permasalahan mendasar yang harus terus dievaluasi oleh pemerintah, seperti transparansi tahapan pilkada, anggaran, daftar pemilih, dan jaminan konstitusional terhadap hak pilih msayarakat” ungkap salah satu peserta RDP

Menanggapi hal tersebut, Arimbawa pun mengiyakan apa yang disampaikan. Ia bahkan menambahkan selain faktor teknis, aspek penanganan konflik juga menjadi harus menjadi perhatian dari penyelenggara pemilu.

“Pemilu Serentak 2019 tidak hanya sebagai implementasi demokrasi pancasila, melainkan juga menjadi semacam pemicu perpecahan jika tidak dikelola dengan baik. Tanda-tanda tersebut sudah terlihat dalam beberapa perhelatan pilkada serentak yang menguji kedewasaan masyarakat dalam berpolitik”, pungkasnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s