YKB Ngaturang Ayah di Pura Luhur Besi Kalung – Tabanan

Bertepatan dengan piodalan di Pura Luhur Besi Kalung yang jatuh setiap Budha Kliwon Sinta pada tanggal (25/1) lalu, YKB menghaturkan ayah dan hiburan berupa prembon. Dalam kempatan tersebut, YKB ingin menunjukkan bahwa YKB juga ngaturang ayah ke pura khayangan jagad dan tidak hanya bergerak di desa pekraman.

aaa

Pura Luhur Besi Kalung berlokasi di daerah pegunungan di lereng gunung bagian selatan Gunung Batukaru.Secara teritorial wilayah ini termasuk wilayah Jatiluwih. Tapi yang menjadi pengempon pura berada diwilayah Desa Adat Utu, Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Lokasi pura jika ditempuhdari Denpasar mencapai kurang lebih 50km menuju Gunung Batukaru sisi selatan.

Pura atau khayangan sebagai tempat suci pemujaan yang ada di Bali secara garis besarnya dapat dapat di kelompokan berdasarkan cirri-ciri atau ke khasan dari pura tersebut serta pernyiwi Bhakti (Penyungsung) yang memuja serta memelihara Pura tersebut.

Berdasarkan Kekhasan serta penyiwi Bhakti (penyungsung dari suatu pura maka fungsi dan status pura dapat dikelompokan menjadi 4 (empat) kelompok sebagai berikut :
1. Pura/kahyangan yang bersifat geneologis (kula warga) yang dibangun berdasarkan keturunan atau pertalian darah, soroh atau klan. Seperti : merajan, panti, dadia, pedharman dan sebagainya.
2. Pura/kahyangan yang berdasarkan territorial/ desa pekraman dibangun karena ikatan territorial atau tempat tinggal (domisili) seperti Pura Desa, Pura Puseh, Pura Dalem dan sebagainya.
3. Pura yang bersifat sosial ekonomis dan berkarakter fungsional dimana penyungsungnya mempunyai mata pencaharian (profesi) yang sama.
contoh : Pura subak, Bedugul, Ulun Empelan, Ulun Carik, Ulun Ciwi untuk masyarakat agraris petani. Pura melanting untuk masyarakat pedagang/pasar. Pura Segara untuk masyarakat nelayan dan sebagainya.
4. Pura/kahyangan jagat yang bersifat umum dan memiliki fungsi sangat komplek (menyeluruh) untuk seluruh asfek kehidupan. Pura/kahyangan jagat dipuja oleh seluruh umat Hindu. Tanpa membedakan asal-usul keturunan/soroh, profesi mata pencaharian, maupun tempat tinggal/Desa Pekraman dan Sebagainya.
Kahyangan jagat dibagi menjadi 2 kelompok yang disebut Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan.
Pura Sad Kahyangan di Bali berjumlah 9 buah didasarkan pada konsep Padma Bhuana atau Padma Astadala, yang masing-masing arah mata angin dikuasai oleh masing-masing arah mata angin dikuasai oleh masing-masing dewatanya, yang juga dikenal dengan sebutan “DEWA ASTADIKPALAKA” di tambah dengan Dewa yang menempati bagian tengah sebagai centrunya.
Pura-pura tersebut adalah :

  1. Pura Luhur Lempuyang di Timur untuk Iswara
  2. Pura Gua Lawah di Tenggara Untuk Maheswara
  3. Pura Andakasa di Selatan Untuk Brahma
  4. Pura Uluwatu di Barat Daya untuk Rudra
  5. Pura Luhur Batukaru di Barat untuk Mahadewa
  6. Pura Pucak Mangu di Barat Laut untuk sangkara
  7. Pura Batur Penulisan arah Utara untuk Wisnu
  8. Pura Pucak Besakih (Gunung Agung) arah Timur Laut untuk sambu
  9. Pura Penataran Agung Besakih di Tengah untuk Ciwa

Berdasarkan konsepsi tersebut di atas dan memperhatikan penyungsung Pura Luhur Besikalung yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dengan profesi yang berbeda-beda dan tidak hanya disungsung oleh suatu wilayah tertentu saja, maka dapat dinyatakan bahwa Pura Luhur Besikalung berstatus sebagai “Kahyangan Jagat” dan merupakan Jajar kemiri atau Catur Loka Pala dari Pura Sad kahyangan Watukaru.

  1. Pura Luhur Besikalung setingkat dengan Pura Luhur Petali, Pura Luhur Tamba Waras, Pura Luhur Puncak Sari, yang merupakan Jajar Kemiri Luhur Batukaru yang disebut jajar kemiri. Jajar = jajar urat/serat. Kemiri – kemiri, tingkih (bahasa bali), jajar kemiri adalah jaringan yang membangun kekuatan kemiri dimaksud sehingga kuat dan tidak mudah lapuk.
    Pura jajar Kemiri Pura luhur Batukaru adalah :
    Disebelah Kanan Pura Batukaru terdiri dari :
    – Pura Muncak Sari
    – Pura Tamba Waras
    Disebalah Kiri Pura Batukaru terdiri dari :
    – Pura Petali
    – Pura Besikalung
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s