Jembatan Kuning Ditargetkan Rampung Akhir 2016

Pasca musibah robohnya Jembatan Kuning yang merupakan akses vital bagi masyarakat Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, pemerintah kini semakin aktif mengupayakan perbaikan dan pembangunan jembatan yang dikenal dengan jembatan cinta tersebut. Salah satunya adalah ditandai dengan dilaksanakannya kunjungan kerja Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ke lokasi Jembatan Kuning di Nusa Lembongan Kamis (20/10) kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Komite II dan anggota DPD RI Perwakilan Bali, I Kadek Arimbawa.

1

Turut hadir dalam rombongan tersebut Kepala Balai Besar Pelaksaan Jalan Wilayah V Ketut Darmawahana yang mewakili Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktur Perbaikan Darurat BNPB, Yolak, SE,MM serta didampingi oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan bendesa adat Lembongan I Made Sukadana.

14714816_10207718597098750_4479706228517086969_o

Kadek Arimbawa yang merupakan anggota DPD RI sejak 2009 lalu menyatakan bahwa dalam kasus ini, DPD RI telah menjalin komunikasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum sekaligus mendorong pembangunan jembatan Kuning. Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Komite II DPD RI, Aji Muhammad Mirza Wardana yang menyatakan bahwa advokasi ini adalah bentuk dorongan politik dari lembaga DPD RI agar permasasalahan ini dapat direspon cepat oleh pemerintah.
Saat ditanya mengenai konsep pembangunan jembatan Kuning Arimbawa juga meminta agar pembangunan jembatan yang baru tidak serta merta merubah bentuk Jembatan Kuning yang sudah dikenal masyarakat sebagai jembatan Cinta.

2

“Saya rasa ini adalah ikon pariwisata yang sudah sangat terkenal sehingga harus dipertahankan, bahkan saya justru berharap, pembangunan jembatan baru nanti didukung dengan konsep dan infrastruktur pariwisata yang memadai sehingga sebutan Jembatan Cinta mampu mengangkat perkonomian masyarakat Lembongan dan Ceningan” ujarnya.

Sementara itu Kepala Balai Jalan Wilayah V yang hadir bersama tim untuk melaksanakan kajian teknis dan persiapan pembangunan jembatan, mengungkapkan bahwa pembangunan Jembatan Kuning kini sudah diambil alih oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga. “Kami akan bertindak cepat dan berupaya menyelesaikan jembatan ini dalam kurun waktu dua setengah bulan ke depan sehingga maksimal akhir tahun 2016 ini sudah dapat dioperasikan” tegasnya.

3

Bupati Klungkung yang diminta komentarnya terkait kunjungan dan pelaksanakaan kajian teknis tersebut, menyambut baik dukungan dari seluruh pihak atas musibah yang terjadi. Ia berharap tidak ada lagi komentar-komentar negatif yang menyalahkan pemerintah lambat menanggapi kerusakan jembatan menimbulkan korban meninggal sebanyak delapan orang tersebut.

bendesa-lembongan

Sementara itu bendesa Adat Desa Lembongan, Made Sukadana yang turut memandu rombongan, mengucapkan terimakasih atas atensi dari Anggota DPD RI dan Kementrian yang langsung memberikan kepastian dengan melaksanakan kunjungan langsung, sehingga jembatan bisa ditargetkan selesai pada akhir 2016.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s