Sosialisasi MPR di Karangasem : Lolak Minta Pemerintah Waspadai Isu Bangkitnya PKI

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar sosialisasi empat pilar di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem pada akhir Mei lalu. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai program rutin MPR untuk memberi pemahaman dan penyegaran nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat.

Anggota MPR RI Perwakilan Bali, I Kadek Arimbawa mengungkapkan bahwa sosialisasi empat pilar ini memiliki tujuan untuk memupuk rasa kebangsaan di kalangan masyarakat, terlebih dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir masyarakat disuguhi oleh berita-berita media tentang bangkitnya

Menyikapi hal tersebut Arimbawa mengharapkan masyarakat tidak terbawa oleh berbagai pemberitaan media.
Ia pun berpandangan semoga saja isu bangkitnya PKI di Indonesia hanya merupakan pengalihan isu yang dibumbui oleh masivnya pemberitaan di media.“Maka melalui sosialisasi semacam inilah, saya harapkan pandangan masyarakat lebih terbuka agar bisa berpikir jernih menghadapi isu-isu semacam ini” tegas Arimbawa.

Senator RI yang juga aktif menjadi pembicara di kegiatan lintas agama itu menekankan bahwa Empat pilar, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 ini penting untuk terus disosialisasikan di masyarakat dari berbagai kalangan.

Sementara itu terkait dengan munculnya atribut-atribut komunis di berbagai daerah, Arimbawa menilai pemerintah harus pro aktif untuk memberikan pemahaman dan kejelasan soal PKI di masa lalu. “Saya rasa semua orang sudah terlanjur berada dalam pola pikir yang ditanamkan sejak orde baru. Maka penting bagi pemerintah menjelaskan tentang sejarah ini agar masyarakat tidak terjebak dalam ketakutan akibat keidaktahuan mereka” pungkasnya

Selain itu, masih banyak permasalahan mendasar yang harus diurus oleh pemerintah, sehingga isu-isu semacam ini tidak harus dibesar-besarkan meski sebenarnya harus tetap diwaspadai. Meskipun demikian, Arimbawa meyakini bahwa keberadaan Pancasila akan tetap menjadi ideology yang kuat bagi bangsa Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s