Arimbawa Gelar Dengar Pendapat Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Guna menyerap aspirasi masyarakat tentang pentingnya perencanaan pembangunan nasional, anggota MPR/DPD RI, I Kadek Arimbawa, dengar pendapat dengan sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Bangli, Minggu (29/5).

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Dalam acara rapat dengar pendapat yang bertajuk Mewujudkan sistem perencanaan pembangunan nasional yang Berbasis kedaerahan, Arimbawa mengatakan, pasca runtuhnya rezim Orde Baru, Indonesia tidak memiliki acuan jelas dalam hal kebijakan pembangunan.

Senator kelahiran Klungkung itu pun kemudian mencontohkan bagaimana kurangnya pemerataan pembangunan yang mengakibatkan ketimpangan pembangunan di wilayah INdonesia. Lebih parahnya lagi, pergantian kepemimpinan selalu diikuti dengan perbedaan pandangan pembangunan dari presiden yang menjabat.

“Indonesia kini membutuhkan haluan yang jelas, sehingga setiap pergantian kepemimpinan akan tetap berpatokan pada acuan tersebut,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berpendapat perlu ada sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, agar tercipta harmonisasi pembangunan. Grand Design pembangunan nasional harus diikuti dengan program pembangunan daerah yang memiliki kesamaan visi dan misi.

“Mengembalikan konsep GBHN atau apapun namanya nanti, kami rasa penting sebagai sebuah sistem perencanaan pembangunan nasional yang harus didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s