Rayakan HUT SMA 1 Penebel, Lolak Ajak Pelajar Tinggalkan Tradisi Bullying

Interaksi anak muda khususnya pelajar saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. banyak hal-hal negatif yang dengan mudahnya ditiru dan diikuti oleh para pelajar. Termasuk salah satunya adalah melakukan pelecehan baik secara fisik maupun oral yang biasa kita sebut bullying.

Bullying merupakan bentuk perilaku agresif dengan kekuatan dominan dominan pada perilaku yang dilakukan berulang-ulang. Tujuannya adalah untuk mengganggu korban yang lebih lemah darinya. Hal ini sekarang begitu banyak terjadi di sekolah dan lingkungan masyarakat termasuk media sosial.

Istilah tersebut kini menjadi hal yang akrab kita dengar kerap terjadi di lingkungan sekolah. Sayangnya belum banyak pihak yang mau mengingatkan dampak bullying bagi perkembangan psikologis siswa.

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Hal tersebut disampaikan Senator Republik Indonesia Provinsi Bali I Kadek Arimbawa, dalam perayaan HUT SMA N 1 Penebel pada (30/3) lalu. Pria yang akrab disapa Lolak itu menyampaikan bahwa salah satu penyebab banyaknya tindak bullying belakangan ini disebabkan kurangnya perhatian keluarga, terutama dalam hal komunikasi.

“Anak-anak harus mampu menyaring berbagai dampak negatif perkembangan teknologi. Begitu pula dengan arus informasi siaran televisi yang menampilkan kekerasan,” jelas Lolak dalam sambutannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pria yang juga seniman itu bahkan mencontohkan bagaimana dirinya menjadi korban bullying media sosial beberapa waktu lalu. “Kalau saya lebih karena posisi sebagai tokoh politik yang memang harus siap menerima kritik dari masyarakat” ungkapnya.

Ia juga mengajak para siswa untuk lebih cerdas menggunakan gadget untuk hal-hal positif. “Ayo sebarkan semangat dan hal positif, kalau di medsos khususnya facebook, jangan asal bagikan, baca dulu, pahami isinya, supaya tidak menjadi provokasi dan fitnah,” ungkapnya yang kemudian disambut tepuk tangan riuh dari para siswa setempat.

Dalam kesempatan itu, Lolak yang hadir bersama Dek Ulik serta pelawak Yayasan Kesenian Bali turut menghibur ratusan siswa termasuk dengan menyanyikan lagu duet terbaru mereka, Dangap-dangap.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s