Kearifan Lokal : Menjaga Identitas dan Menghadapi Globalisasi

Bangli – Tantangan globalisasi dan derasnya budaya luar telah merasuk ke celah kehidupan berbangsa dan bernegara. Di era keterbukaan seperti sekarang ini, globalisasi memunculkan potensi terkikisnya karakter dan identitas bangsa, bahkan rasa nasionalisme itu sendiri.

Melihat fenomena ini, I Kadek Arimbawa sebagai anggota DPD/MPR RI melalui berinisiatif untuk melaksanakan rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan masyarakat dengan mengangkat tema kearifan lokal dan globalisasi. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu (27/2) bertempat di Sanggar Sudamala, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. dengan melibatkan anggota sanggar, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat setempat.

Bagi Arimbawa sendiri, kearifan lokal Indonesia menjadi aset sekaligus kekuatan besar untuk menahan derasnya tantangan dan ancaman globalisasi. “Dalam mewujudkan itu, menjaga eksistensi budaya dan kearifan lokal Indonesia juga harus didukung dengan kualitas SDM lokal Indonesia” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Arimbawa mengapresiasi kepedulian kelompok-kelompok seni dalam menjaga karakteristik dan kebudayaan Indonesia khususnya di Bali. “Acara ini perlu dijadikan sebagai agenda berkelanjutan di masyarakat mengingat semakin hari, semakin terkikis dengan dengan budaya asing sehingga mengabaikan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi jati diri bangsa,” ungkap pria yang akrab disapa Lolak itu.

Lebih lanjut dia memaparkan bahwa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean masyarakat harus siap dan mempunyai daya saing baik secara SDM dan juga secara produk, jangan sampai Indonesia hanya sebagai pasar dan juga penonton dalam pasar Global.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s