Wujud Rasa Syukur Atas Taksu “Lolak”, Kadek Arimbawa Bantu Sound System di Pura Dalem Ped

posbali.com

KADEK “Lolak” Arimbawa yang merupakan seniman lawak menyadari betul nilai sekala niskala yang ada di Bali. Hal tersebut diungkapkannya saat ditanya soal motivasi pemberian bantuan di Pura Dalem Ped, Nusa Penida, Senin (12/10) lalu. Bantuan yang dimaksud adalah 4 paket sound system (alat pengeras suara) yang diserahkan kepada masing-masing pengempon Pura Dalem Ped, yakni Pura Segara, Pura Taman, Pura Ratu Gede, dan Pura Penataran.

Ia menuturkan, punia ini merupakan rasa syukur atas taksu Lolak yang ia peroleh beberapa tahun lalu di pura ini serta terpilihnya kembali sebagai anggota DPD RI Periode 2014-2019. Selain itu, bantuan ini juga bentuk keprihatinan beliau, Pura Dalem Ped yang notabene penjaganya Bali tetapi sarana dan prasarananya belum lengkap khususnya pengeras suara.

“Jadi, pada saat saya ngaturang bhakti bersama dengan rombongan Yayasan Kesenian Bali pada piodalan yang lalu (19/4, red), pengantar persembahyangan hanya menggunakan megaphone sehingga suaranya kurang bagus terdengar,” ungkapnya.

I Kadek Arimbawa selaku anggota DPD RI juga sekaligus pendiri Yayasan Kesenian Bali yang pada saat itu ngaturang ilen-ilen Prembon menyampaikan bahwa akan memberikan bantuan 4 paket sound system di Pura Dalem Ped dan pada saat reses Juli lalu ia turun langsung menyerahkan bantuan tersebut dan diterima dengan baik oleh pengempon Pura Dalem Ped. Ia juga berpesan supaya dirawat dengan baik sehingga bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. “Bantuan ini kita harapkan bisa berguna untuk pelaksanaan karya di pura. Kita harapkan bisa digunakan dan dijaga dengan baik,” pintanya.

Salah satu pengempon pura pun menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan ini. “Kami atas nama pengempon dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kadek Arimbawa atas bantuan sound system yang memang sangat kami butuhkan, terutama untuk pelayanan dalam memandu persembahyangan bagi pemedek yang tangkil di Pura Dalem Ped semoga hubungan baik ini akan selalu terjaga dan Yayasan Kesenian Bali bisa memberikan ilen-ilen kembali di piodalan-piodalan mendatang,” ujarnya.

Anggota DPD RI Perwakilan Bali yang bertugas di Komite II ini menyadari betul bahwa sejak merintis karir sebagai penari, pelawak hingga akhirnya saat ini bisa mengabdi sebagai senator, Pura Dalem Ped memberi banyak arti penting dalam perjalanan karirnya. Ia juga mengatakan bahwa sebisa mungkin, di tengah kesibukannya tetap menghaturkan bhakti di Pura Dalem Ped. Seperti saat ditemui dalam rangka piodalan di Pura Dalem Ped pada (12/11) lalu, Arimbawa mengaku senang, bantuan yang dihaturkan sudah diberdayakan dan digunakan oleh pengempon. “Yang terpenting kan sekarang digunakan dengan baik dan suara pengantar persembahyangan juga sudah merdu jadi lebih khusuk ngaturang bhakti,” candanya. 016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s