Seminar MPR RI di Kabupaten Jembrana

Dalam rangka menjalankan program Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), khususnya dalam mensosialisasikan GBHN sebagai visi dan misi Bangsa Indonesia, Anggota DPD/MPR perwakilan Bali ; I Kadek Arimbawa melaksanakan seminar sehari yang diadakan di Kabupaten Jembrana – Provinsi Bali pada 17 Oktober 2015 lalu.

Seminar tersebut merupakan salah satu tugas dan fungsi Anggota MPR yaitu, menyerap aspirasi dan pandangan dari masyarakat.Selain itu, dalam seminar tersebut juga diharapkan mampu mensosialisasikan fungsi GBHN, yang dulunya semua pembangunan Indonesia terarah dan terancang jelas di dalam GBHN.

Pada tahun 2012 GBHN telah dihapus dan sebagai gantinya Indonesia menggunakan UU No.25 Tahun 2004 yang mengatur sistem perencanaan pembangunan nasional dan dituangkan dalam RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) dan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) yang dibuat oleh Presiden. Pada saat ini ada wacana untuk mengembalikan lagi GBHN kedalam sistem tata pemerintahan dengan alasan arah pembangunan agar bisa dikontrol oleh MPR / DPR sehingga setiap pergantian Presiden dalam pembangunannya ada dalam kesinambungan terutama program kerja.

Arimbawa menegaskan pentingnya keberadaan GBHN sebagai haluan negara. “GBHN adalah rencana pembangunan negara Indonesia yang disusun MPR dan dirangkum dari hasil aspirasi masyarakat Indonesia. Jadi, semua yang tercantum dalam GBHN adalah rencana pembangunan negara yang dibuat oleh MPR, dan dilaksanakan oleh Presiden,” ungkapnya.

Dengan adanya sistem rencana pembangunan ini, maka diharapkan konsepsi sistem perencanaan pembangunan sebagai pedoman dalam mengawal pembangunan nasional di masa depan dapat dijalankan dengan baik. Pun demikian dengan fungsi perencanaan dan pelaksanaan dalam GBHN dalam mewujudkan sinergi antara MPR sebagai lembaga tinggi negara dan presiden.

Seminar sehari ini dihadiri oleh kurang lebih 100 tamu undangan yang di antaranya guru – guru dan perwakilan siswa se Kebupaten Jembrana. Kegiatan yang digelar oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) tersebut dihadiri sebagai pembicara yakni I Kadek Arimbawa selaku Anggota DPD/MPR RI, Azi Pratas Guspitu selaku Kasat. Intel Polres Jembrana dan DS Putra sebagai perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jembrana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s