I Kadek Arimbawa Perjuangkan Dana Kontingensi Bagi Petani Di Bali

Menindaklanjuti hasil Rapat Dengar Pendapat Komite II DPD RI dengan Kementerian Pertanian, tentang dana kontingensi bagi petani untuk percepatan optimalisasi lahan di beberapa provinsi di Indonesia termasuk salah satunya adalah Provinsi Bali yang diperjuangkan oleh Senator asal Bali I Kadek Arimbawa selaku Anggota Komite II DPD RI yang membidangi sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya termasuk didalamnya adalah bidang pertanian. Terkait dengan hal tersebut I Kadek Arimbawa melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Bapak Ir. IB. Wisnuardhana, M.Si, Kamis (11/12) lalu.

Dalam pertemuan tersebut IB Wisnuardhana mengatakan akan memproses hal ini dengan teliti mengingat dana ini berada di anggaran Tahun 2014 yang akan berakhir sebentar lagi.” Walaupun waktunya mepet Pak Kadek tetapi kita akan proses dengan semaksimal mungkin demi petani kita di Bali” ujar IB Wisnuardhana diruangannya. Dana kontingensi ini nantinya akan dialokasikan untuk pemberian pupuk, bibit padi, dan alat-alat pertanian, sehingga program yang dicanangkan Pemerintah Bali untuk swasembada pangan dalam tiga tahun kedepan dapat tercapai.

Lebih lanjut IB Wisnuardhana mengungkapkan bahwa saat ini Bali menghadapi banyak persoalan dalam bidang pertanian diantaranya adalah alih fungsi lahan pertanian dimana petani banyak menjual lahannya lantaran hasil pertanian tidak lagi mencukupi untuk kebutuhan hidupnya, sehingga perlu adanya insentif untuk petani, subsidi pupuk, asuransi pertanian serta perbaikan harga pasar untuk menggeliatkan kembali pertanian Bali dan yang kedua adalah masalah air, masih banyak daerah di Bali periode tanamnya terbatas hanya bisa satu kali musim tanam dalam satu tahun karena hanya mengandalkan air hujan.

Menanggapi hal tersebut I Kadek Arimbawa mengatakan bahwa aspirasi dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali ini akan menjadi bahan laporan dalam reses periode ini agar segera bisa ada tindak lanjutnya, kedepan DPD RI khususnya komite II akan terus menjalin komunikasi yang intensif dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali terkait program dari pemerintah pusat kedaerah maupun program dari daerah yang disampaikan kepusat. “komunikasi ini akan terus kami jalin secara berkelanjutan, semua aspirasi dari Bali akan kami kawal untuk kemajuan pertanian Bali kedepan” ungkap senator yang akrab di sapa Lolak.

Disamping itu I Kadek Arimbawa juga memberikan apresiasi kepada IB Wisnuardhana selaku Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali beserta jajaranya atas usahanya dalam meningkatkan pertanian di Bali. “saya salut dengan pak Kadis, pengabdian beliau untuk petani sangat luar biasa, saya yakin kerja keras dan program-program beliau mampu membawa pertanian di Bali ini menjadi lebih baik lagi” ungkapnya diakhir pertemuan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s