I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa Ke Senayan (Lagi)

Seniman yang juga senator Bali, I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa kini kembali ke Senayan. Ya. Pria asal Klungkung ini kembali dipercaya oleh masyarakat untuk mewakili Bali di DPD RI. Ia bahkan patut berbangga karena sebagai satu-satunya anggota DPD RI petahana yang kembali duduk di Senayan 5 tahun kedepan. Ia mengalahkan tiga anggota DPD RI lain, justru terlempar dari kursinya.

Seniman dan Masyarakat Tradisional
Awalnya banyak pihak yang meragukan kemampuan seorang Lolak di DPD RI. Namun kenyataan di masyarakat justru berkata lain. Usaha dan konsistensinya dalam pelestarian seni budaya di Bali menjadi sebuah senjata ampuh di kalangan seniman dan masyarakat Bali. Perjuangannya untuk ngayah ke desa-desa pekraman bersama Yayasan Kesenian Bali memberikan ilen-ilen secara gratis memberi dampak positif baginya, baik secara sekala maupun niskala.

Beberapa kalangan masyarakat menilai bahwa kegiatan ngayah ke Desa Pekraman seluruh Bali adalah sebuah bukti bahwa Lolak tidak pernah melupakan konstituennya. Meski tidak memiliki dana bansos di DPD RI, ia tetap mengandalkan gajinya untuk membiayai program yayasan. Lewat kegiatan itu pula, Lolak menyerap berbagai aspirasi yang berkembang di desa-desa seluruh Bali.

Ini patut menjadi pelajaran bagi para politisi seluruh Bali, bahwa kedekatan masyarakat pada anggota dewan, tidak hanya terbatas pada sumbangan dan bansos yang digelontorkan ke desa-desa. Lolak telah membuktikan bahwa seni juga menjadi sebuah media yang sangat efektif dalam membangun komunikasi dengan masyarakat.

Satu-satunya petahana DPD RI yang bertahan di Senayan
Setelah Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Hasil Pemilu Legislatif 2014 selesai dilaksanakan KPU Bali, terungkap bahwa Arimbawa menjadi satu-satunya Anggota DPD RI yang bertahan dan menjabat selama lima tahun ke depan. Suaranya bahkan jauh mengungguli Anggota petahana lain.

Lolak sendiri mengaku bangga meski tidak jumawa. Ia justru mengungkapkan bahwa ini hanyalah faktor kepercayaan masyarakat. “Masyarakat tentu memiliki pertimbangan tersendiri, yang tidak kita ketahui. Ini adalah pilihan masyarakat yang harus kita hormati.” ungkapnya.

Lolak berharap selama 5 tahun kedepan, ia dapat berbuat lebih banyak lewat DPD RI. Ia juga menekankan agar secara kelembagaan DPD RI dapat berkomunikasi dengan baik dengan DPR RI sehingga memberi manfaat yang jauh lebih besar bagi Bali.

Berikut Hasil Perolehan Suara I Kadek Arimbawa di masing-masing Kabupaten. (Berdasarkan hasil Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Hasil Pemilu Legislatif 2014 oleh KPUD Bali pada tanggal 23 April 2014)

1. Kota Denpasar :12.981
2. Kabupaten Badung : 15.105
3. Kabupaten Tabanan : 12.860
4. Kabupaten Jembrana :20.815
5. Kabupaten Buleleng : 22.187
6. Kabupaten Bangli : 20.027
7. Kabupaten Karangasem :19.167
8. Kabupaten Klungkung :15.282
9. Kabupaten Gianyar :23.183

JUMLAH :161.607 suara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s