Profil : Anak Agung Oka Hartawan


Sebagai masyarakat bercorak seni budaya dan religius, Bali telah berhasil mempertahankan identitasnya sampai pada apa yang diwariskan para leluhur kita kepada generasi penerus Bali saat ini.

Salah satunya adalah melalui warisan budaya religi disetiap desa pekraman yang senantiasa bercorak seni tradisi, menjadikan setiap jengkal budaya tersebut tetap eksis melengkapi nilai-nilai sosial dan spiritual masyarakat Bali.

Adalah Bapak Anak Agung Oka Hartawan, seorang tokoh asal Puri Kawan Tanggu-Bangli kelahiran tanggal 21 Agustus 1947, telah ikut mewarnai nilai tersebut dengan menjadi seorang pembuat Arca, Barong dan Topeng .

Berawal dari bimbingan Alm. Anak Agung Anom Rai dari Puri Denpasar-Bangli ratusan arca, barong dan topeng telah berhasil diselesaikannya dengan hanya sebuah semangat yakni ; ngayah untuk melestarikan budaya dan memenuhi panggilan jiwa.

Sebuah komitmen yang tidak pernah menuntut bayaran untuk setiap barong, arca dan topeng sakral yang diselesaikannya atas permintaan dari hampir 80 % Desa Pekraman di Seluruh Bangli ini, menjadikan beliau adalah sumber inspirasi nyata bagi kita bahwa dalam sebuah proses memaknai kehidupan, uang bukan segala-galanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s